Penggunaan internet sudah menjadi kebutuhan yang sangat melekat di kehidupan kita. Bahkan data menunjukan bahwa pengguna internet di Indonesia naik hingga 1% dari tahun 2020 sejak pandemi pertama kali muncul. Dampak pandemi sangat terasa ketika mereka terpaksa harus berhenti bekerja dan beralih untuk menjalankan bisnis secara online untuk menyambung hidup. Oleh sebab itu, sebagian besar orang-orang mulai belajar mengenai Digital Marketing untuk mengembangkan bisnis mereka secara online. Lalu, apa sih pengertian Digital Marketing itu?
Pengertian Digital Marketing
Digital Marketing (Online Marketing) adalah sebuah kegiatan pemasaran yang dilakukan secara Online dan hasil yang didapatkan dapat diukur oleh data. Online Marketing sendiri merupakan ilmu yang sudah ada sejak 90-an yang dimana pada tahun tersebut internet masih belum sebesar sekarang. Metode ini sudah marak digunakan ketika orang-orang mulai paham ketika bisnis mereka sudah bisa dipasarkan secara online baik itu lewat Instagram, Website, ataupun TikTok.
Manfaat Digital Marketing
Online Marketing memberikan segudang manfaat, berikut adalah beberapa manfaat yang Anda bisa dapatkan dengan menggunakan Digital Marketing untuk bisnis Anda.
Dapat Diukur
Salah satu manfaat ketika Anda menggunakan Online Marketing adalah Anda bisa mendapatkan hasil yang terukur dari Demografi user, Browser yang mereka gunakan, berapa banyak yang mengunjungi bisnismu hingga berapa banyak yang berinteraksi dengan kontenmu. Cara mengukurnya Anda dapat menggunakan Free Tools yang disediakan oleh platform yang anda gunakan, umumnya mereka memiliki fitur yang dikhususkan untuk menganalisa pengunjung bisnis Anda.
Mudah Digunakan
Sudah banyak orang-orang menyediakan jasa atau tutorial mengenai cara mengembangkan bisnis dengan Online Marketing. Namun, jika anda sibuk atau tidak punya waktu untuk melakukannya, anda bisa mencari jasa Digital Marketing terpercaya yang cocok dengan anda.
Target Audience Lebih Spesifik
Keuntungan lainnya adalah Anda dapat menentukan siapa target Audience (pengunjung) yang ingin Anda tuju. Contoh, misalnya Anda mempunyai bisnis menjual alat pancing di daerah Depok, Anda dapat menyasar bisnis Anda dengan menggunakan serangkaian teknik Online Marketing untuk menyasar target customer Anda di daerah Depok dan yang menyukai kegiatan memancing ikan. Keren bukan?
Jadi, apakah anda tertarik untuk mempelajari Online Marketing? Hubungi kami disini untuk informasi lebih lanjut.